Dampak Negatif Musik & Film Bagi Anak Remaja

Dampak Negatif Musik & Film Bagi Anak Remaja

Rock And Raaga. – Menjadi seorang anak remaja tantangannya lebih banyak. Selain itu rasa penasaran dan keingintahuan anak juga lebih besar dari pada yang sebelumnya. Hal ini jika tidak diarahkan secara lembut halus dan baik-baik, maka akan lebih kesulitan nantinya. Terlebih ada banyak sekali hal yang bisa membuat anak remaja terganggu, misalnya music & film. Secara sekilas mata mungkin music dan film tersebut merupakan sebuah langkah untuk menjadi anak remaja yang lebih gaul dan terkenal dari sebelumnya.

Namun jika tidak terkontroll dengan baik bias berakibat yang cukup fatal bagi anak remaja itu sendiri. Untuk memastikan hal tersebut, berikut ini beberapa dampak negative mengenai music & film untuk anak remaja yang perlu Anda hindari. Untuk informasi yang lebih jelas lagi maka silahkan simak uraian yang ada dibawah ini.

  1. Membuat Anak Menjadi Kesulitan Dalam Bersosialisasi

Dampak negative music & film bagi anak remaja yang pertama yaitu membuat anak menjadi kesulitan dalam bersoialisasi. Hal ini sangat terlihat jelas dari kepribadian anak pada saat bertemu dengan orang-orang baru. Kejadian ini disebabkan oleh terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk menatap gadget, sehingga dalam berkomunikasi kepada sekitar menjadi berkurang bahkan hamper tidak pernah. Jika dibiarkan saja, akan berbahaya bagi anak itu sendiri terlebih ketika sang anak tumbuh menjadi lebih dewasa akan menjadi kepribadian tetap yang sulit untuk dirubah.

  1. Membuat Anak Menghabiskan Waktu Secara Percuma

Dampak negative music dan film selanjutnya yaitu membuat anak menjadi menghabiskan waktu secara percuma. Bagiamana tidak dikatakan demikian jika kenyataannya anak hampir menghabiskan seluruh waktu yang dimilikinya untuk menatap gadget, baik itu untuk memutar music maupun memutar film. Pdahal sejatinya anak-anak itu memiliki tanggung jawab yang besar yaitu sekolah, mengerjakan pr dan lain sebagainya. Namun bagaimana anak bias konsentrasi melakukan tugasnya sebagai anak remaja jika waktu yang dimilikinya terbuang secara percuma hanya untuk menikmati music dan film semata.

  1. Membuat Anak Menjadi Fans Fanatic

Dampak negative music & film selanjutnya yaitu membuat anak menjadi fans fanatic. Mungkin bagi sebagian orang tua menganggap hal ini wajar-wajar saja ketika seroang anak menyukai penyanyi atau actor tertentu. Namun hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya apabila anak mulai berubah menjadi fans fanatik. Anak yang menjadi fans fanatik umumnya akan mengubah pola pikir, gaya hidup anak itu sendiri. Yang mulanya anak rajin belajar, bisa berubah menjadi anak yang pemalas dan tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Bagaimana bisa memiliki tujuan hidup jika didalam fikirannya hanya bermain Agen Judi saja. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan, jika dibiarkan begitu saja akan menyulitkan anak tersebut ketika ia sudah beranjak dewasa nanti.

  1. Membuat Anak Menjadi Ketergantungan Dengan Gadget

Selain ketiga hal tersebut, dampak negative selanjutnya dari musik dan film selanjutnya adalah membuat anak menjadi ketergantungan dengan gadget. Hal yang satu ini sudah tidak bisa diragukan dan diganggu gugat lagi. Karna memang kenyataannya demikian. Anak yang sudah tercandu dengan dunia musik maupun dunia film akan memaksa anak untuk mengikuti berbagai musik terkini dan film yang paling terbaru.

Perasaan ini terus berulang sampai si anak remaja tersebut melupakan bahwa dirinya memiliki tanggung jawab lainnya selain memandangi gandet kesayangannya saja. Selain itu penggunaan gadget yang berlebihan juga bisa merusak kesehatan mata. Akan lebih baik jika menatap layar ponsel dikurangi untuk kesehatan mata anak Anda, terlebih masa depan anak Anda masih sangat panjang.

  1. Membuat Anak Menjadi Malas Beraktifitas Lainnya

Ketika keempat hal tersebut sudah terjadi dan benar adanya. Maka dampak negative yang terakhir dan sangat merepotkan bagi orang-orang disekitarnya adalah, bisa membuat anak tersebut mnjadi malasa beraktifitas apapun. Karena kemalasannya tersebut lalu secara tidak langsung orang lain perlu menggantikan tugasnya dengan baik. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan orang lain bukan, karena orang lain perlu mengerjakan tugasnya sementara ia tidak melakukan hal apapun.

Melihat berbagai peristiwa demi peristiwa yang sudah diuraikan tersebut, kini kita menjadi lebih memahami dan mengerti bukan bagaimana berbahayanya dampak negative dari musik dan film itu sendiri. Mungkin jika terlihat secara tidak langsung, musik dan film merupakan sebuah hal yang baik dan bisa dijadikan media penghibur yang paling efektif.

Akan tetapi jika dilakukan diluar batas kewajaran dan membuat anak menjadi malas beraktifitas, lalu menyia-nyiakan waktu, menghabiskan waktu memandang gadget dan lain sebagainya. Hal ini tentu bukan sebuah kebanggan, yang ada sebuah penurunan yang harus dicari jalan keluarnya. Salah satunya yaitu dengan memberikan pemahaman sejenis ini, supaya orang tua lebih perhatian dan pengawasan terhadap anak sehingga anak terhindar dari segala kebiasaan buruk seperti yang dijelaskan diatas.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *